Rabu, 07 Maret 2012

Gejala-gejala pada Gangguan Kejiwaan

Gejala utama atau gejala yang dapat mengidentifikasikan adanya gangguan kejiwaan dapat dilihat dari 10 kriteria yang dapat diobservasi pada saat melakukan wawancara dan observasi langsung :


1. TINGKAH LAKU
kondisi yang terlihat atau tampak pada saat mengamati klien adalah melihat dari gerakan badan saat diwawancara. Misalnya ada pasien skizofrenia yang memunculkan perilaku katatonia atau Stupor (menjadi patung), Kompulsi yaitu perilaku yang berulang-ulang/ repetitif.
2. ORIENTASI
terdapat 3 bagian yaitu waktu, tempat dan identitas. karena dari kondisi pasien gangguan jiwa yang sudah dikuasai oleh' id' mereka biasanya meorientasikan apa yang pernah dialaminya. dan terkadang jawaban yang mereka ucapkan biasanya merupakan simbolik.

3. ISI PIKIRAN
Isi pikiran ini biasanya dapat berupa obsesi yaitu pikiran dan bayangan yang repetitif dan tidak terkendali dan sudah masuk ke kesadaran individu tersebut. juga berkaitan erat dengan waham atau delusi yaitu keyakinan palsu yang tidak adekuat dan tidak dapat dikoreksi.

4. GAYA BERFIKIR
Pasien gangguan jiwa memiliki gaya berfikir yang tidak logis, dan tidak sistematis. gangguan pada sistem berfikirnya dapat dilihat dari cara berfikir atau bahasa yang dikeluarkan.

5. AFEK DAN SUASANA HATI (MOOD)
Mood merupakan perasaan subjektif yang tidak dapat bertahan lama dan cepat berubah. Sedangkan Afek adalah ekspresi yang kita keluarkan tergantung dari emosi yang kita sedang miliki. Lalu emosi adalah perpaduan dari mood dan afek yang sifatnya bisa positif ataupun negatif.
Jenis mood ada 2, Disforik (Mood yang melankolis) dan Euforik (Mood yang senang atau gembira).

6. PENGALAMAN PERSEPSI
Perbadaan pengalaman persepsi dari orang normal dengan pasien gangguan jiwa yaitu Halusinasi dan ilusi. Halusinasi (persepsi yang tidak dapat dikoreksi) dimiliki oleh orang abnormal. sedangkan Ilusi dapat dikoreksi dan masih normal. 

7. PERASAAN DIRI
Misalnya pasien yang menderita Depersonisasi yaitu merasa bagian tubuhnya terlepas atau dirinya tidak berada diruangan itu. Dapat juga terjadi kekacauan identitas, seperti kepribadian ganda dan lain-lain. 

8. MOTIVASI
Dapat ditunjukkan dari terlihat apakah memiliki motivasi yang rendah atau motivasi tinggi.

9. INTELEGENSI
Intelegensi rendah atau tinggi.

10. INSIGHT 
Pemahaman yang terkait dengan dirinya, dapat ditunjukan pasien dari cara menjawab mengapa dirinya bisa berada dalam keadaan sekarang. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar